Cara Menggunakan Fitur NFC

Masa pandemi Covid-19 menimbulkan banyak perubahan yang signifikan. Salah satunya yakni sistem belajar maupun bekerja jarak jauh alias dari rumah. Tentu ada perangkat penting yang diperlukan untuk menemani belajar maupun bekerja dari rumah.

Perangkat canggih seperti laptop, tablet, maupun smartphone masa masa pandemi ini semakin diperlukan oleh berbagai kalangan. Mereka memerlukan perangkat tersebut untuk menemani belajar maupun bekerja secara online.

Sebenarnya kita tidak diwajibkan menggunakan laptop untuk bekerja atau belajar secara daring. Cukup dengan smartphone yang dimiliki maka kita tetap dapat bekerja dengan lancar meski jarak jauh. Namun kita harus mengenali fitur canggih NFC pada ponsel yang kita miliki.

Apa Itu NFC, Fitur dan Kegunaan

Fitur canggih pada ponsel ini memang jarang diketahui oleh pengguna ponsel. Setelah membaca ulasan ini, kamu pastinya akan mengetahuinya mulai dari definisi, fitur, kegunaan, hingga cara menggunakannya.

Secara definisi, NFC merupakan suatu fitur pada setiap ponsel yang berkaitan dengan komunikasi jarak pendek. NFC ini memiliki kepanjangan Near-Field Communication. Fitur ini ditemukan oleh Charles Walton tepatnya pada tahun 1983.

Perlu diketahui, fitur ini merupakan salah satu fitur standar yang harus ada pada berbagai smartphone baik kalangan mid-end hingga high-end. Fitur ini akan menghubungkan sesama ponsel yang memiliki NFC.

Dalam pengembangannya, NFC didasarkan dari Radio Frequency Identification alias RFID berbasis antena. Untuk mengantisipasi terjadinya inferensi, NFC ini menggunakan antena yang lebih pendek dibandingkan dengan gelombang sinyal pada operator.

Lantas, apa kegunaan dari fitur canggih NFC? Awal kehadiran dari NFC sebenarnya digunakan untuk melihat saldo pada uang elektronik. Namun kini memiliki banyak kegunaan lainnya.

Pada dasarnya, fitur ini menjadi penghubung antara perangkat satu dengan lainnya. Tak hanya ponsel dengan ponsel, namun juga dapat menghubungkan dengan perangkat lain seperti laptop, komputer, bahkan printer dengan jenis tertentu.

Dalam masa pandemi ini, fitur ini tentunya sangat berguna meskipun kita tidak menyadarinya. Agar tetap terhubung dengan berbagai perangkat lain, kamu pastinya tak akan merasakan kesulitan karena telah terbantu oleh fitur NFC.

Hal yang lebih canggih lagi, NFC kini juga dapat digunakan untuk remote TV, AC, atau lainnya melalui ponsel. Tentu hal ini sangat menarik dan lebih simpel, kan?

Disisi lain, fitur ini juga sangat diperlukan dalam melakukan pengisian daya ponsel tertentu, lho. Namun, kamu memerlukan perangkat tambahan seperti wireless charging receiver sehingga dapat digunakan untuk mengisi perangkat lain melalui ponselmu.

Cara Menggunakan NFC

Hal tersering yang dilakukan oleh pengguna ponsel yakni mengirim gambar, video, maupun file-file lainnya. Nah, fitur ini sangat diperlukan sehingga pengiriman file antar perangkat akan semakin cepat dan simpel. Namun, bagaimana cara menggunakan NFC ini?

Untuk menggunakannya, tentu kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut cara mengaktifkan fitur canggih NFC.

  • Buka menu ‘settings’ lalu klik ‘more’ atau ‘pengaturan lainnya’ kemudian cari menu NFC
  • Bila tidak ditemukan, cobalah buka ‘networks’ atau ‘pengaturan jaringan’
  • Klik menu ‘share and connect’ atau ‘berbagi dan hubungkan’
  • Lalu geser posisi on pada pilihan NFC

Bila ponselmu canggih, kamu dapat mengaktifkannya dengan cara menekan shortcut NFC pada layar. Secara otomatis tentu NFC tersebut sudah aktif.

Fitur ini dapat digunakan untuk melakukan banyak hal bila kamu telah mengaktifkannya. Jangan lupa matikan fitur tersebut bila sudah tidak digunakan, ya!

Edy Kusnandar
Latest posts by Edy Kusnandar (see all)

Leave a Comment