Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Sobat, saat ini perkembangan teknologi semakin berkembang menjadi lebih pesat. Dulu, hampir sangat jarang orang yang memiliki perangkat teknologi. Namun sekarang justru hampir setiap orang memiliki perangkat canggih bahkan lebih dari satu.

Salah satu perangkat teknologi yang semakin canggih adalah handphone. Perkembangan dari ponsel canggih ini semakin terasa dan bahkan membuat mata terpana. Berbagai model dan kualifikasi termasuk baterai ponsel juga didesain semakin canggih.

Ponsel canggih saat ini memang sangat beragam dengan kualifikasi dan harga yang sangat bersaing. Dulu penggunaan baterai handphone masih tertanam namun  sudah beralih ke baterai tanam handphone. Bahkan, handphone seri jadul dengan sistem Java maupun Symbian sangat diincar banyak orang. Kini semua handphone sudah menggunakan sistem operasi Android maupun IOS..

Sebagai pengguna handphone masa kini, kamu pasti merasakan banyak hal yang berbeda pada perkembangan handphone canggih. Ponsel pintar kini lebih laris bahkan hampir semua gerai ponsel dipenuhi ponsel-ponsel masa kini. Sayangnya, penggunaan handphone masa kini rupanya menimbulkan banyak permasalahan bagi penggunanya..

Permasalahan yang dimaksud ialah tidak awetnya penggunaan handphone masa kini. Para pengguna banyak yang mengeluhkan penggunaan baterai handphone yang cepat boros dibandingkan dengan ponsel jadul. Bukannya lebih unggul dibandingkan dengan ponsel jadul, handphone canggih justru lebih boros daya baterai.

Tak hanya boros dayanya, penggunaan baterai tanam handphone canggih masa kini juga banyak yang sulit diisi alias cas. Apakah kamu pernah merasakan hal tersebut? Tentu kamu merasa kesal bila handphonemu tidak dapat dicas, kan? Lalu, apa penyebabnya?

Penyebab Baterai Handphone Tidak Bisa Dicharge

Banyak hal yang dapat menyebabkan baterai handphone tidak bisa discharge. Berikut beberapa penyebab yang perlu kamu perhatikan agar tidak mengalami permasalahan tersebut.

  • Sering mengisi baterai sambil digunakan untuk ngegame atau berjejaring sosial
  • Sering lepas pasang kabel charger sehingga kabel dan baterai hp cepat rusak
  • Kelebihan daya baterai karena terlalu lama dalam melakukan pengisian
  • Kehabisan daya baterai sehingga hp sulit diaktifkan
  • Port USB pada hp sudah rusak atau longgar sehingga kabel tidak masuk

Solusi Untuk Mengatasi HP Tidak Bisa Dicharge

Setelah mengetahui penyebab dari permasalahan sulitnya mengisi daya baterai handphone, tentunya tidak lengkap bila ulasan ini tidak ada solusinya, kan? Nah berikut ini sederet solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi baterai yang sulit dicharge.

  • Pastikan bahwa kamu tidak menghabiskan daya baterai handphone. Bila daya baterai benar-benar habis, maka kamu harus bersabar dalam mengisinya.
  • Pastikan bahwa kabel charger dan port USB handphone tidak bermasalah. Kamu dapat mencoba kabel charger lain untuk memastikan permasalahan ada pada baterai handphonemu bukan kabel charger.
  • Bila permasalahan terjadi pada kabel charger, maka kamu harus mengganti kabel tersebut.
  • Bila permasalahan terjadi pada port USB handphone, maka kamu harus memperbaikinya pada tempat servis ponsel.
  • Apabila kamu sudah yakin bahwa permasalahan terjadi pada baterai tanamnya, maka kamu dapat mengatasinya dengan mematikan handphone kemudian pasang kabel charger. Tunggu hingga beberapa menit hingga muncul logo pengisian daya.
  • Bila perlu, lakukan kalibrasi baterai tanpa menggunakan aplikasi. Hal ini dilakukan bila baterai pada ponselmu mulai soak. Kamu cukup mengisi daya hingga penuh dalam keadaan off.

Itulah cara mengatasi baterai tanam handphone yang tidak bisa dicas. Kini kamu tak perlu khawatir lagi bila mengalami hal serupa, kan?

Edy Kusnandar
Latest posts by Edy Kusnandar (see all)
5/5 (1 Review)

Leave a Comment